Warga Denpasar Kumpulkan Koin Hampir Rp 2 juta untuk Prita

14 Desember 2009 pukul 08:08 | Ditulis dalam koin untuk prita, prita, prita mulyasari | 3 Komentar
Kawan-kawan Bali, menghitung koin sebelum mengirimkannya ke Wetiga

Kawan-kawan Bali, menghitung koin sebelum mengirimkannya ke Wetiga

Hingga Sabtu (12/12) malam, koin sumbangan untuk Prita Mulyasari terkumpul hampir Rp 2 juta. Sumbangan sebagai protes atas ketidaadilan yang dialami ibu rumah tangga ini datang dari berbagai latar belakang warga, tua muda, dan lintas pekerjaan.

Penghitungan koin missal dari berbagai simpul pengumpulan koin di Denpasar ini dilakukan di angkringan Pasar Burung Sanglah Denpasar, malam minggu kemarin. Diisi dengan acara ngamen sosial. Sekitar tiga puluh anak muda berkumpul di angkringan untuk menghitung koin dan ngamen mengumpulkan sumbangan terakhir.

Ribuan pecahan koin berbagai jenis, dari mata uang Rp 1 rupiah hingga dollar Australia dihitung sebelum dikirim ke pusat pengmpulan yang dikoordinir koinkeadilan.com.

Pengumpulan ini dilakukan oleh sejumlah komunitas secara sukarela segera setelah Prita divonis denda. Ini bentuk peralawanan warga pada ketidakadilan hukum,” ujar Saichu Anwar, yang mengkoordinir ngamen sosial. Saichu sendiri bersama teman-teman ngamennya yang lain bernyanyi di beberapa lokasi publik untuk pengumpulan donasi.

Sejumlah simpul pengumpulan sumbangan di antaranya Sloka Institute, Alase Internasional, Bali Orange Communication, dan individual. Seluruh sumbangan akan dikirim ke Jakarta, Selasa (15/12). Rencananya dikirim Senin, namun sejumlah simpul melaporkan masih ada donatur yang menyumbang. Pos akan ditutup Senin sore. Di simpul Sloka Institute misalnya terkumpul hampir Rp 900 ribu dari ibu rumah tangga, guru dan siswa sekolah Muhammadiyah, dan aktivis muda partai politik.

Sementara komunitas Bali Blogger Community (BBC) juga mendiskusikan koin keadilan ini di radio Bali FM, Minggu malam kemarin. “Koin keadilan ini gerakan spontan yang menunjukkan warga protes dengan ketidakadilan dan berempati di tengah dunia yang makin individualis ini,” ujar Anton Muhajir, dedengkot BBC.

3 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. wah smua mengumpulkan koin buat prita…sep

  2. suara rakyat nie…sep

  3. wow… begitu semangat ya!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: