Kita Tetap Butuh Karbohidrat

22 Februari 2010 pukul 16:22 | Ditulis dalam Uncategorized | Tinggalkan komentar
Sushi bisa dijadikan pengganti nasi padang atau mi ayam.

Sebagian besar penyakit yang menjangkiti orang dewasa dipengaruhi oleh pola makan dan asupan gizi yang tidak seimbang. Padahal makan dengan asupan gizi seimbang dan disiplin dengan pola makan yang tepat, penyakit seperti jantung koroner, diabetes, dan penyakit lainnya bisa dihindari.

Dalam talkshow “100% Nutrisi untuk Buah Hati” yang diadakan oleh Mead Johnson di Jakarta, Rabtu (3/2/2010) lalu, dr Fiastuti Witjaksono MS SpGK, spesialis gizi klinik, menjelaskan bahwa komposisi makanan seimbang bagi orang dewasa dalam sehari adalah 50-60 persen karbohidrat, 15-20 persen protein, dan lemak tak lebih dari 30 persen.

Menurut dr Fiastuti, orang dewasa bisa mengatur dan menyeimbangkan asupan gizi yang harus dikonsumsi setiap harinya, seperti:
1. Karbohidrat
Dengan porsi yang disebutkan tadi, Anda tak harus selalu mengonsumsi nasi. Karbohidrat bisa didapatkan dari roti atau kentang. Mindset yang perlu diubah juga adalah, saat makan tak harus mengonsumsi nasi. Jika sudah makan nasi saat sarapan, menu makan siang bisa diganti dengan roti atau kentang, begitu pun saat makan malam.

2. Protein
Protein nabati atau hewani, tinggal pilih. Cukup konsumsi salah satunya, asal dalam sehari Anda sudah mendapatkan asupan protein entah dari telur, ikan, tempe, atau yang lain. Sarapan cukup dengan protein tanpa tambahan karbo pun tak masalah. Porsi lengkap saat makan siang juga baik asalkan tak berlebihan takarannya.

3. Sayuran
Sayuran harus ada dalam menu keseharian. Kombinasikan dengan asupan lainnya sesuai selera. Karena selain karbohidrat, protein, dan lemak, tubuh Anda juga butuh asupan vitamin A, D, E, K, B, C, Ca. Sebagian besar dari vitamin ini bisa didapatkan dari sayuran seperti wortel, brokoli, kacang-kacangan, dan lainnya.

4. Buah
Konsumsi buah penting sebagai asupan vitamin, maupun sebagai program penurunan ataupun penambahan berat badan. Makanlah buah saat jeda makan, misalkan pagi sebelum makan siang, atau pukul 15.00 saat perut mulai keroncongan. Bagi yang ingin menambah berat badan, makanlah buah dengan tambahan mayones. Sebaliknya bagi yang kegemukan, cukup konsumsi buah segar atau jus segar yang tidak disimpan terlalu lama.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: