Orange Blossom, Komunitas Perempuan Usahawan

22 Februari 2010 pukul 16:16 | Ditulis dalam Uncategorized | Tinggalkan komentar
Kumpul bareng seperti ini asyik juga yah.

Setiap orang pasti butuh bersosialisasi dan membangun jejaring. Tak heran di kalangan profesi sudah bermunculan berbagai komunitas, seperti komunitas sekretaris, komunitas bankers, atau komunitas desain. Bahkan bila status Anda wirausahawan atau ibu rumah tangga, Anda pun tetap bisa membangun jejaring dengan dengan bergabung komunitas Orange Blossom.

Komunitas ini dibangun untuk menyatukan perempuan dengan berbagai latar belakang pekerjaan, termasuk yang berstatus ibu rumah tangga. Komunitas yang berpusat di Kelapa Gading ini sudah memilih lebih dari 200 anggota. Mereka rata-rata pemilik usaha atau ibu rumah tangga yang telah melepas kariernya demi mengasuh anak.

”Perkumpulan ini terbuka untuk perempuan dari kalangan apa pun, dan juga status apa pun. Tujuan kami adalah inspiring dan empowering women,” jelas Anne Marie Harjati, direktur Orange Blossom.

Kepada Kompas Female, ia menceritakan, karena terlalu sibuk dengan urusan mengasuh anak dan rumah tangga, para perempuan ini terpisah dari dunia luar. Kalaupun mengadakan kegiatan, yang dilakukan hanya bergosip, shopping, atau ke salon. Karena itu Orange Blossom dibentuk untuk menjadi wadah ibu rumah tangga yang sering kesulitan untuk membangun jejaring, atau yang ingin tetap update dengan informasi.

Pertemuan rutin digelar untuk mengakomodasi kebutuhan wanita, tentunya di tempat-tempat yang nyaman untuk bersosialisasi. Hanya dengan membayar Rp 25 ribu, para anggota sudah mendapatkan snack dan goodie bags.

”Kami tidak membuat acara seperti seminar ataupun diskusi yang hanya satu arah, tapi talkshow interaktif agar mereka pulang membawa sesuatu,” imbuhnya.

Ada tiga tema yang secara bergantian menjadi topik dari pertemuan, yakni family, me time, dan self fulfillment. Beberapa tema yang sudah diangkat memang berhubungan dengan hal-hal yang dekat dengan keseharian mereka. Contohnya, talkshow tentang bisnis, workshop make-up, kesehatan ibu dan anak, hingga demo masak. ”Kami juga umumnya membedah satu buku setiap bulannya,” tutur Anne.

Beberapa buku yang sudah menjadi bahan talkshow mereka antara lain Mandy&Mami oleh Fira Basuki dan Hindra Gunawan dengan tema waktu berkualitas untuk Anda dan keluarga, serta Dream Catcher oleh Michael Peterson dan Seruni dengan tema woman’s self fulfillment. Kegiatan lainnya adalah talkshow mengenai gaya hidup sehat untuk wanita yang dibawakan oleh Minati Atmanegara, konsultasi dengan ahli nutrisi, hingga mother’s day celebration.

”Setiap pertemuan kami buat seinteraktif mungkin. Kami meminta mereka mengisi kuesioner untuk mencari tahu topik-topik yang mereka inginkan selanjutnya,” ungkapnya.

Salah satu hal yang merupakan ciri dari kegiatan Orange Blossom adalah bertukar kartu nama untuk membangun jejaring dan komunikasi. Hal ini dilakukan karena terkadang mereka tidak saling mengenal.

”Kami sediakan buku untuk mengumpulkan kartu nama itu, termasuk untuk mereka yang ibu rumah tangga. Jadi tiap kali pertemuan kartu nama yang terkumpul oleh mereka jadi lebih banyak, dan mereka jadi lebih dekat satu dengan lain,” paparnya. Lewat acara tukar kartu nama itu akan ada hadiah bagi yang paling banyak mendapatkan kartu nama (alias mendapat teman baru, RED) dalam setiap pertemuannya.

Aktivitas lain yang diadakan saat pertemuan seperti ini adalah mengisi kuis. ”Untuk pertemuan yang membahas tentang buku, diadakan kuis yang berkaitan dengan isi buku,” imbuh Anne. Salah satunya usai bedah buku The Girl’s Guide to Starting Your Own Business di La Piazza Kelapa Gading, akhir Januari lalu. Kuis itu diberikan untuk menilai seberapa besar kemungkinan mereka menjadi wirausahawan.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: