6 Makanan Pembangkit Mood

26 Februari 2010 pukul 05:08 | Ditulis dalam Uncategorized | Tinggalkan komentar

Dalam sejumlah penelitian disebutkan mengenai makanan yang bisa mengembalikan mood baik Anda. Makanan ini menyebabkan metabolisme tubuh bekerja dengan baik, dan menghantarkan zat kimia yang dibutuhkan otak agar kita bisa merasa rileks dan memiliki energi yang cukup untuk menjalani hari-hari. Apa saja makanan yang dimaksud?

1. Sereal atau gandum
Sereal memang seringkali dijadikan makanan untuk menu sarapan kita. Ada sebabnya, lho. Gandum mengandung selenium yang menstimulasi kelenjar tiroid yang ada di leher, yang merupakan organ pengatur mood atau perasaan kita. Gandum juga mengandung serat yang baik dan menghambat penyerapan gula, sehingga menjaga kadar gula darah Anda.

Selain gandum, ada kacang merah, beras merah, kacang kedelai, dan kacang Brazil, yang juga memiliki fungsi yang sama.

2. Kacang kedelai atau kacang-kacangan
Sejumlah penelitian membuktikan bahwa rendahnya asupan folat dalam tubuh bisa memicu rasa depresi dan tidak tenang. Oleh karena itu cari sumber makanan yang memiliki folat. Contohnya, sereal, kacang polong hitam, kedelai, sawi, brokoli, biji bunga matahari, dan jeruk.

3. Ikan salmon liar
Ikan slamon bahkan yang kalengan sekalipun memiliki vitamin yang baik, yakni B12, yang oleh para ilmuwan dipercaya bisa memproduksi serotonin. Makanan lainnya yang mengandung serotonin adalah kerang, kepiting, kacang gandum, keju, yogurt, dan telur.

4. Yogurt
Vitamin D yang ada dalam yogurt bisa mencegah keropos tulang, penyakit jantung, kanker, diabetes, dan depresi. Sumber makanan lainnya adalah minyak hati ikan kod, ikan-ikanan seperti salmon, tuna, lobster dan udang, tahu, susu kedelai, dan jamur.

5. Kacang almond
Ingin makanan yang bisa mencegah fungsi hati, mencegah pikun, dan mencegah kanker? Cari makanan yang memiliki kandungan omega-3. Kacang almond bisa dijadikan camilan, atau ditaburkan di atas salad buatan Anda.

6. Dark chocolate
Apa yang terkandung di dalamnya? Vitamin A, yang bisa melepaskan hormon endorphin dalam tubuh kita, dan meningkatkan hormon serotonin yang membuat tubuh lebih nyaman dan tenang.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: