Amour, Kata Paling Romantis di Dunia!

26 Februari 2010 pukul 05:04 | Ditulis dalam Uncategorized | Tinggalkan komentar

Bila Anda sedang cinta-cintanya dengan pasangan, panggilan sayang apa yang paling ingin Anda miliki dari pasangan? Apakah “Sayang”, “Honey“, atau “Amour“?

Menurut survei yang digelar oleh sekelompok ahli bahasa, “amour” (cinta) yang merupakan bahasa Perancis adalah kata paling romantis dalam sejarah bahasa manusia. Daftar kata-kata romantis ini tak hanya yang merupakan bahasa asli, tetapi juga bahasa buatan seperti “qaparha” (aku cinta padamu) yang merupakan bahasa ras Klingon dalam serial Star Trek.

Meskipun Perancis menjadi “juara” dengan menempatkan “amour” di posisi pertama, Italia menjadi “juara utama” karena bahasa mereka secara keseluruhan dinilai paling romantis. Kata dari bahasa negeri spageti ini menduduki peringkat kedua dan ketiga dengan “amore” (cinta) dan “bellissima” (wanita cantik).

Sebenarnya, banyak kata dari bahasa Perancis, Italia, dan Spanyol yang mirip satu sama lain. Hal ini disebabkan ketiga bahasa tersebut anggota rumpun Roman. Amour terdengar seperti amore, sedangkan bellissima juga ada dalam bahasa Spanyol. Maka, penilaian ini dianggap sedikit bias. Lagipula, memangnya tak ada kata dalam bahasa lain yang dianggap cukup romantis?

Orang Amerika, contohnya, punya banyak cara untuk membuat panggilan sayang. Dari honey, baby, darling, sweety, sugar, dan lain sebagainya. Orang Indonesia juga cukup kreatif menciptakan panggilan-panggilan sayang. Bagaimana bila Anda mendengar Elizabeth Hurley atau Kate Winslet menyampaikan rasa sayangnya dengan aksen Inggrisnya? Seksi juga, bukan?

O ya, bagaimana dengan “Oel ngati kameie. Nga yawne lu oer” (I see you. I love you) dalam bahasa suku Na’vi?

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: