Tips Memasak ala Farah Quinn

2 Maret 2010 pukul 05:22 | Ditulis dalam Uncategorized | Tinggalkan komentar

Farah Quinn, celebrity chef yang populer dengan kalimat ”This is it!” saat hidangan telah siap disajikan, selalu terlihat menikmati ritual memasak. Menurut dia, memasak memang tidak lagi sekadar menjadi hobi atau pekerjaan semata.

Farah membeberkan rahasia memasak seru seusai acara ”Cooking with Style” yang dihelat oleh Tupperware di Four Seasons Hotel, Kamis (24/2/2010).

1. Hemat uang dan kesehatan keluarga terjaga
Menurut Farah, dengan memasak kita bukan saja bisa menghemat pengeluaran, tapi juga mengontrol berapa banyak kalori dan kolesterol yang diasup oleh suami dan anak kita. ”Sehingga kalau anak atau suami kita mulai gemuk, kita tahu ada yang salah dengan menu yang kita hidangkan,” ujar perempuan berdarah Palembang itu.

2. Sebagai ritual pelepas penat
Bagi Farah, memasak lebih dari sekadar pekerjaan atau hobi. Ia dan suaminya, Carson Quinn, melepas penat setelah seharian bekerja dengan masuk ke dapur dan memasak. Selain itu, memasak bersama suami juga bisa membangun komunikasi yang hilang selama kita bekerja. ”Pokoknya saat masak pikiran yang mumet jadi hilang dan hanya fokus ingin masakan jadi enak,” ujar ibu dari Armand Fauzan Quinn itu.

3. Memasak yang easy dan simpel
Jika ingin menjadi ahli memasak, atau profesional di bidang kuliner, yang Anda harus lakukan adalah menguasai resep-resep dasar bahan masakan. Jika resep dasar sudah dikuasai, otomatis Anda akan bisa berkreativitas dengan masakan Anda.

”Tidak ada batasan dalam memasak, sah-sah saja berkreasi tanpa harus mengikuti resep yang paten,” ujar perempuan bertinggi badan 172 cm itu. Masaklah yang mudah dan cepat, tidak perlu menghabiskan berjam-jam untuk memasak karena yang penting adalah rasa.

4. Tetap jaga penampilan saat memasak
Perempuan sering kali tidak mandi dulu sebelum memasak atau hanya menggunakan pakaian seadanya (seperti daster) karena mempertimbangkan suasana memasak yang penuh dengan asap. Cara ini tidak akan mengundang suami untuk ikut beraktivitas di dapur.

”Suami saya tidak suka lihat saya pakai daster, jadi saya memasak tetap dengan high heels dan pakaian seperti celana pendek dan kaus,” ujarnya membocorkan rahasia. High heels mungkin sedikit lebay jika Anda memasak di dapur kotor, tapi kaus dan celana pendek? Hm… boleh juga!

5. Jangan memasak berlebihan
Menurut Farah, sering sekali rasa makanan jadi tidak karuan karena kita memasukkan bermacam-macam bumbu. ”Ibu saya juga sering begitu, jadi rasa masakan tidak pas. Pertimbangkan penggunaan bumbu, jangan sampai overcooked,” ungkap Farah.

Lalu, bagaimana agar rasa masakan tetap sedap tanpa terlalu bereksperimen dengan bumbu? ”Gunakan sedikit garam, lalu tambahkan lemon agar masakan lebih segar, dan… voila! Semua rasa jadi balance,” tukasnya.

6. Makan sehat dan tidak pantang makan
Farah mengaku tidak pernah pantang makan. Bahkan, ia makan lima kali sehari, tiga kali makan utama dan makanan selingan pada pukul 10.00 dan 16.00. Ia pun senang sekali ngemil. Namun, ia memilih cemilan yang sehat, seperti buah dan kacang-kacangan. Kedua jenis cemilan ini, menurut dia, tidak boleh ditinggalkan karena berguna mencegah agar kulit tidak kusam.

Meskipun sering makan, Farah tidak khawatir menjadi gemuk karena selalu mengatur apa saja makanan yang masuk dalam tubuhnya. Ia menghindari makanan berkalori tinggi dan menggantinya dengan protein.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: