Asupan Untuk Mendapatkan Kulit Cantik

3 Maret 2010 pukul 01:11 | Ditulis dalam Uncategorized | Tinggalkan komentar
makanMemiliki masalah dengan kesehatan kulit tapi tidak menemukan solusinya? Mungkin sudah saatnya Anda memperhatikan asupan makanan. Karena apa yang masuk ke dalam tubuh Anda akan berpengaruh pada kulit. Berikut adalah asupan-asupan yang akan berpengaruh baik pada kulit Anda.

Air
Air membantu tubuh terhidrasi, dan hal ini akan membantu mengurangi kerut dan garis halus. Air juga membantu sel mengasup nutrisi lebih baik dan membuang racun. Ditambah lagi, air membantu sirkulasi darah, yang artinya membantu kulit bersinar. Penuhi dahaga Anda dengan air putih, atau targetkan untuk meminum 8 gelas air putih per hari.

Selenium
Selenium adalah salah satu jenis mineral yang bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Ada pula yang mengatakan bahwa selenium bisa mencegah kanker kulit. Sumber terbaik dari selenium adalah kacang Brazil, jamur kancing, udang, domba, dan ikan (kod, halibut, tuna, salmon, dan kakap). Selain itu, selenium bisa juga ditemukan di daging sapi, daging kalkun, tiram, sarden, kepiting, dan pasta whole-wheat.

CoQ10: Coenzyme Q10
CoQ10 adalah antioksidan yang diproduksi secara alami oleh tubuh Anda. Antioksidan ini melindungi kulit dan sel tubuh lain dari kerusakan akibat radikal bebas. Zat ini juga bisa membantu memproduksi energi, dan mendorong sistem imun tubuh. Sumber makanan ini antara lain dari salmon dan tuna, hati, dan whole grain.

Antioksidan
Zat ini sejak lama dikenal sebagai kandungan yang memperlambat kerusakan akibat radikal bebas yang memperlihatkan tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan kulit kering. Antioksidan bisa ditemukan pada banyak makanan, seperti buah dan sayuran berwarna; buah beri, tomat, aprikot, bit, bayam, kentang manis, jeruk, lada, dan kacang-kacangan.

Vitamin A
Makanan yang memiliki kandungan vitamin A mampu membantu memberi hidrasi pada kulit lapisan bawah. Selain jeruk, wortel, vitamin A juga bisa didapat dari tumbuhan berdaun hijau, telur, keju, dan susu.

Vitamin C
Selain membantu tubuh tetap kuat, vitamin C ternyata juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat pengaruh sinar matahari. Vitamin C juga membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Sumber vitamin C bisa didapat dari paprika merah, buah sitrus, pepaya, kiwi, brokoli, dan sayuran berdaun hijau.

Vitamin E
Vitamin E juga merupakan antioksidan yang bisa melindungi kulit Anda akibat kerusakan karena sinar matahari. Vitamin E juga merupakan anti radang dan pendorong imun tubuh.

Asam lemak esensial
Asam lemak esensial, seperti omega-3 dan omega-6 membantu memproduksi lapisan pelindung alami kulit, yang menjaga agar kulit tetap lembap dan jauh dari noda kehitaman. Asam lemak esensial ini juga penting untuk menjaga kulit tetap kenyal dan senantiasa awet muda. Sumber utama asam lemak ini berasal dari; ikan air dingin (salmon, sarden, dan makerel), minyak kanola, dan kacang walnut.

Minyak sehat
Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, minyak-minyak tertentu ternyata juga baik untuk kulit, seperti minyak zaitun extra virgin karena kandungan asam lemaknya yang tinggi. Minyak ini baik karena diproses dengan cara sederhana, sehingga memiliki nutrisi yang masih lengkap.

Teh hijau
Teh hijau adalah penyedia antioksidan yang tinggi, dan mampu mengurangi peradangan, memperlambat kerusakan DNA. Tak heran sudah banyak kosmetika yang menambahkan kandungan teh hijau pada produknya. Namun, akan lebih baik jika Anda mengasupnya langsung.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: