Memilih Olahraga Sesuai Bentuk Tubuh

3 Maret 2010 pukul 02:24 | Ditulis dalam Uncategorized | Tinggalkan komentar
olahragaSetiap bentuk tubuh memiliki olahraganya sendiri, sebab setiap bentuk tubuh memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Inilah yang nantinya menentukan apakah program pembentukan tubuh kita berjalan dengan target yang tepat.

Sebelum memilih olahraga yang tepat bagi kita, ada baiknya kita mencoba kalkulator bentuk tubuh. Secara kasat mata, kita bisa mendefinisikan bentuk tubuh kita sebagai berikut:

Pir: Ditandai dengan bagian bawah tubuh yang lebih besar dibandingkan bagian atas. Ciri fisiknya, bagian panggul kita lebih lebar dibanding pundak karena distribusi lemak kita lebih banyak di wilayah panggul.

Apel: Berbeda dengan pir, pemilik tubuh ini memiliki bagian atas yang lebih lebar dibanding tubuh bagian bawah. Itu mengapa mulai dari dada hingga perut lebih besar ukurannya dibanding panggul. Maka ketika bobot tubuh bertambah, yang paling terlihat menumpuk lemak adalah bagian atas tubuh.

Kacang: Tubuh ini lebih sering disebut sebagai tubuh kurus karena ukuran dada, pinggang, dan panggul, tidak jauh berbeda. Tetapi ketika terjadi kenaikan berat badan, bagian perut adalah tempat yang paling sering dikejar lemak.

Jam pasir: Bentuk tubuh ini adalah yang paling diidamkan banyak perempuan, sebab bentuk tubuh atas dan bawah proporsional. Hanya saja ketika kita mengalami penumpukan lemak, maka seluruh bagian tubuh akan menjadi tempat nyaman untuk lemak.

Setelah mengetahui bentuk tubuh kita, maka pilihan olahraga yang harusnya kita jalani adalah:

Untuk si tubuh pir: Mengingat tubuh bagian bawah kita lebih besar dibanding bagian atas maka yang perlu dilakukan adalah melakukan gerakan-gerakan yang fokus pada bagian bawah tubuh. Yang harus diingat, gerakan kita haruslah aerobik ringan sebab harus memperhatikan kekuatan kaki ketika menampung seluruh berat badan ketika melakukan gerakan. Pilihan olahraganya bisa berjalan, bersepeda, atau push up.

Untuk si tubuh apel: Hampir sama dengan tubuh pir, kita harus menyeimbangkan porsi tubuh bagian atas dengan bawah. Hanya saja pemilik tubuh apel yang menjadi fokus perhatian adalah tubuh bagian bawah seperti berjalan sambil membawa dumbbell, jogging, leq squats.

Untuk si tubuh kacang: Kelebihan pemilik tubuh ini adalah dia bisa melakukan aktivitas fisik apa pun yang dia suka. Yang perlu diingat hanya memberikan porsi gerakan lebih banyak pada wilayah perut dan bokong, plus memilih olahraga yang bisa membentuk massa otot agar tubuh terlihat lebih padat. Pilihan olahraganya bisa sit-ups, berjalan, jogging.

Untuk si tubuh jam pasir: Pemilik tubuh ini cocoknya melakukan olahraga kardio agar berat badan tetap pada angka proporsional. Pilihan olahraganya seperti, jogging, sepeda statis, dan berenang.

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: